arsitekturPada era globalisasi yang sangat dinamis dan cepat, kita semuanya akan terbantu dengan adanya bidang arsitektur. Bidang ini memiliki fokus bidang antara lain: eksterior, interior, dan landscape. Arsitek adalah seorang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial. Jasa Arsitek Malang adalah solusi dari kebutuhan arsitektur bangunan rumah atau kantor Anda. Ada 5 Azas dalam perancangan Arsitektur yaitu :

Asas Perancangan Arsitektur

  1. Asas Estetika

Asas estetika sangatlah erat hubungannya dengan aspek venustas dari arsitektur. Penekanannya terutama pada wujud arsitektur sebagai objek rupa yang terkait dengan impresi visual.

  1. Asas Fungsional

Asas fungsional arsitektur mengedepankan fungsi dan peran arsitektur, asas fungsionalitas dalam hal ini sering dirancukan dengan asas utilitarianisme yang mengedepankan guna arsitektur. Fungsi arsitektur lebih cenderung kepada tujuan dibuatnya arsitektur itu sendiri.

  1. Asas Rasional

Asas rasional, menekankan pada fungsi arsitektur sebagai sebuah wadah aktifitas manusia serta mengedepankan prinsip-prinsip rasionalitas. Sebagai sebuah wadah, maka asas ini dapat menjadi penyesuai perilaku manusia yang beraktifitas di dalamnya.

  1. Asas Simbolik

Asas simbolik merupakan asas yang menyertakan sejarah dalam proses merancangnya. Asas simbolik ini erat hubungannya dengan fungsi arsitektur sebagai sebuah penyampai pesan dan penyelesaiannya tentu tidak akan lepas dari upaya agar pesan tersebut dapat ditangkap oleh orang yang mengapresiasinya.

  1. Asas Psikologik

Asas psikologik ini berusaha menggabungkan antara asas rasional dan simbologi. Dalam asas ini, pemakai karya rancangan dapat berpartisipasi dalam rancangannya. Asas psikologik berupaya menimbulkan respon dari pengguna dan merangsang fantasinya.

Macam-Macam Arsitektur

  1. Arsitektur Vernakuler
  2. Arsitektur Kuno
  3. Arsitektur Asia
  4. Arsitektur Islam
  5. Arsitektur Abad Pertengahan
  6. Arsitektur Renaissance
  7. Arsitektur Modern Awal
  8. Arsitektur Modernisme
  9. Arsitektur Post-Modernisme

Macam-Macam Konsep Arsitektur

  1. Konsep Analogi

Kesatuan konsep yang menggabungkan elemen-elemen menandai satu baik ambisius dan elusive. Arsitektur merupakan pemecahan isu-isu individual. Pemecahan masalah untuk seorang arsitek meminimalisasikan permintaan-permintaan.

  1. Konsep Metafora

Metafora mengidentifikasi hubungan diantara benda-benda dimana hubungan-hubungan yang terjadi lebih bersifat abstrak.

  1. Konsep Esensi

Konsep tidak hanya memperhatikan fungsi dari seluruh aktivitas dalam bangunan, tetapi konsep dapat dikembangkan menjadi suatu melalui pendekatan secara pragmatis.

  1. Konsep Tanggapan Langsung dan Pemecahan Masalah

Tujuan yang ingin dicapai oleh arsitek sebaiknya berbeda-beda atau menyesuaikan dengan keadaan. Satu konsep tidak dapat diterapkan pada berbagai proyek sebab setiap bangunan memiliki tujuan yang berbeda-beda.

  1. Konsep Standar-Standar Kesempurnaan (Ideal)

Wawasan, gagasan, konsep dan skenario merupakan suatu rangkaian kesatuan kontinum yang dapat menjadi dasar penting bagi arsitektur. Konsep memadukan berbagai unsur menjadi satu keseluruhan yang berkaitan dan memungkinkan arsitek mengerahkan sumber dayanya kepada aspek-aspek perancangan yang terpenting.

Jenis-Jenis Arsitekturarsitektur-gotik

  1. Arsitektur Gotik
    Arsitektur ini menonjolkan kolom-kolomnya yang besar sehingga memberikan kesan megah dan agung , jenis ini juga sangat memperhatikan detail-detail arsitektur yang ada.
  1. Arsitektur Barok
    Jenis arsitektur yang mancul pada tahun 1600-1700an. Bangunan dengan jenis ini biasanya memiliki ukuran yang sangat besar (megah) berskala monumental seperti Istana, Gereja, dll. Permainan cahaya yang ada pada jenis arsitektur ini memebrikan kesan dinamis. Arsitektur ini diperindah dengan corak-corak lukisan dinding dan ukiran-ukiran yang berukuran besar pada dinding-dindingnya.
  1. Arsitektur Neo-Klasik
    Jenis arsitek ini dikenal pada abad ke 18-19. Arsitektur Neo-klasik merupakan jenis yang mulai mengarah pada tahap modern.

Prinsip Desain Arsitektur

  1. Sequence (Urutan)
  2. Balance (Keseimbanagan)
  3. Unity (Kesatuan)

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save