arsitekSebagian orang masih ragu untuk menyewa jasa arsitektur rumah saat melakukan renovasi ataupun membangun rumah baru. Keraguan ini mungkin berasal dari timbang menimbang harga dan manfaatnya. Untuk menyewa jasa arsitek, tentu Anda membutuhkan dana tambahan. Dan apakah dengan menambah dana, Anda bisa mendapatkan manfaat tambahan? Pertanyaan inilah yang bolak-balik akan berkutat di otak sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka. Mari kita simak ulasan lebih lengkapnya. Terkadang, orang yang ingin membangun rumah bisa melihat keuntungan atau manfaat tambahan memakai jasa arsitektur, namun ada juga yang pasrah dan membangun rumahnya dengan cara mereka sendiri.

Manfaat Jasa Arsitekarsitek

  1. Memiliki Karakter dan Nilai Tambah

Tiada duanya, karena seribu orang memiliki seribu pandangan. Dalam kata lain seni arsitektur harus memiliki ciri khas, kebutuhan fungsi & keinginan yang berbeda-beda. Kebanyakan orang berkeinginan tampil exclusive (tidak ingin di samakan dengan yg lain) didalam mengapresiasikan warna hidupnya, sehingga produk design yang di hasilkan tersebut bernilai tinggi.

  1. Sesuai Harapan

Masyarakat secara umum sulit untuk menuangkan keinginan dibenaknya, menterjemahkan pemikiran maya untuk direalisasikan. Setiap konsultan memiliki arsitek yang mampu menterjemahkan kehendak tersebut melalui ilustrasi visual, yakni berupa gambar 3dimensi yang menyerupai kenyataan. Poin ini menjadi penting karena pra-konstruksi, estetika bangunan sudah dapat dinikmati melalui gambar ilustrasi. Tinggal selera yang di harapkan pemilik, disesuaikan.

  1. Memanfaatkan Sirkulasi Fungsi dan Tata Ruang

Kenyamanan didalam kebutuhan beraktifitas keseharian tegantung pada pola & tata letak ruangan, hal tersebut dikombinasikan sesuai hierarchy fungsi pada masing-masing ruangan. Terkait & terikat, Sesuatu yang terkait secara fungsi dan terikat pada pola penataannya, sehingga menjadi efektif melakukan aktifitas bersirkulasi di setiap waktu.

  1. Menjaga Mutu Material dan Alternatifnya

Jika manusia punya usia, bahanpun ada umurnya. Dalam hal ini arsitek yang baik faham tentang kualitas materi yg akan digunakan dengan tanpa mengurangi sifat estetikanya. Sering kali kita jumpai produk bermutu mutakhir dibarengi dengan daya jangkau kompetitif, sebagai jalan tengah arsitek juga harus mampu memberikan alternatif bahan beserta report spesifikasi keunggulan & kelemahannya, sehingga masukan informasi dapat dijadikan option oleh pemilik sebagai pertimbangan.

  1. Struktur Konstruksi yang Tepat Guna

Organ tubuh manusia terdapat kerangka dengan bentuk yang menyesuaikan fungsinya. Dalam hal ini bangunanpun memiliki kerangka struktur konstruksi yang wajib dihitung tepat sesuai kebutuhannya, sehingga perencanaan tersebut tidak berlebihan (boros) dan tidak mengalami kekurangan (lemah). Akibatnya design menjadi tepat-guna & mendekati sempurna, karena jika boros berakibat pada pembengkakan biaya atau lemah yang berakibat pada resiko gagal struktur.

  1. Hemat Biaya dan Tepat Waktuimages

Bayangkan jika renovasi bangunan anda di handle oleh pekerja bangunan, sehingga langsung di realisasikan tanpa perencanaan. Jika hasil tidak sesuai angan-angan, Apa yang akan anda lakukan? Resikonya Menggantinya sesuai imajinasi anda, atau membiarkan begitu saja walau tidak seperti harapan. Jika ingin dirubah sesuai keinginan, berapa biaya dan waktu terbuang untuk membongkar & mengaplikasikan ulang bangunan tersebut sesuai imajinasi anda.

  1. Dapat Mengontrol Budget

Disamping estetika dan struktur, merencanakan anggaran biaya adalah salah satu paket pekerjaan yang mengikat semua item. Menjadi penting karena arsitek harus berlaku bijak antara kebutuhan owner dengan landasan budget yg telah dianggarkan, tanpa mengurangi estetika bangunan, dengan mengetahui anggaran pada proses pra-rencana, diharapkan kedepan pemilik tidak akan merasa kecewa, karena spesifikasi design, material & segala sesuatunya sudah di perhitungkan sebelumnya dengan matang.

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save