Rumah industrial adalah rumah yang didesain dengan gaya industri. Saat ini desain industrial berkembang tidak hanya untuk bangunan publik saja, tapi juga bangunan pribadi seperti rumah. Selain gaya modern-minimalis, interior bergaya industrial mulai banyak disukai saat ini. Jika menelusuri bagian-bagian rumah bergaya industrial ini, tentu akan merasakan suasana rumah yang kaya akan kreativitas dan tidak membosankan. Interior rumah yang mengusung konsep industrial akan mengedepankan kelancaran sirkulasi udara. Hunian dengan tema industrial ini memberikan tampilan alami namun tetap terkesan modern, selain itu konsep hunian tema inipun memberikan kesan kuat dan bertenaga.

Elemen Dasar Rumah Industrial

1. Penggunaan Bahan Bangunan Tertentu

Selain menggunakan batu bata dan pipa, bahan lain yang digunakan untuk desain industrial yaitu kayu lapuk, beton, dan baja. Kayu jenis ini tentunya lebih menarik dibandingkan dengan kayu biasa, apalagi jika masih mempertahankan tampilan kulit kayu yang alami. Bahan beton identik dengan bahan bangunan untuk pabrik, maka tak heran jika bahan ini juga digunakan untuk desain rumah industrial.

2. Perabotan daur ulang

Perabotan desain industrial bisa Anda kreasikan menurut keinginan, dengan menggunakan bahan-bahan bekas yang masih bisa digunakan. Anda juga bisa mengubah fungsi dari beberapa perabotan agar bisa digunakan lebih maksimal. Inilah yang menjadi keunikan lain dari desain interior rumah yang industrial, dimana benda-benda yang di dalamnya mengandung unsur keunikan tersendiri. Perabotan yang Anda buat sebisa mungkin harus nyaman dan bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari di rumah.

3. Pencahayaan unik

Rumah industrial memiliki ciri khas yang selalu menggunakan lampu gantung untuk desain pencahayaan ruangan. Desain lampu tersebut biasanya terbuat dari aluminium, kaca, dan bohlam kecil. Sebelum menggantung lampu tersebut, ukurlah terlebih dahulu ketinggian ruangan Anda sampai dengan langit-langitnya. Hal ini dimaksudkan agar proses desain pencahayaannya nanti sesuai dengan struktur bangunan rumah Anda. Ruangan yang sering digunakan untuk memasang desain lampu ini adalah ruang makan, dapur, dan ruang tamu.

Mengapa Memilih Desain Industrial Sebagai Desain Rumah?

Desain industrial banyak digandrungi anak muda saat ini, sehingga desain ini menjadi desain terkini yang sudah menjadi trend. Orang tidak lagi melihat rumah industrial sebagai rumah yang aneh, namun juga rumah keren yang unik. Rumah industrial tidak harus dibangun dari awal, Anda hanya perlu mengubah desain interior rumah Anda agar terlihat lebih industrial.