Salah satu musuh paling utama perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu yaitu serangan koloni yakni rayap. Karena rayap, perabotan bermaterial kayu yang ada di rumah bisa keropos atau bahkan hancur. Tidak hanya kayu, rayap juga kerap menggerogoti barang-barang yang terbuat dari kertas.

Membasmi rayap dan mengusirnya sangat penting sebab rayap adalah musuh perabotan rumah yang terbuat dari kayu.

Cara Mencegah adanya Rayap:

  1. Pilihlah Kayu dengan benar

Pemilihan kayu yang akan dipakai sebagai kusen ataupun perabot lainnya merupakan langkah awal pencegahan terhadap rayap. Ada dua jenis kayu yang sangat saya sarankan untuk dipakai untuk menghias interior rumah kita, yaitu kayu Jati dan kayu Merbau. Kedua kayu ini sangat tidak disukai rayap.

2.      Hindari lembab

Tempat yang lembap merupakan tempat kesukaan bagi rayap untuk berkembang biak. Karena itu usahakanlah tidak ada kebocoran dalam rumah.

3.      Beri jarak antara furnitur atau mebel kayu dengan lantai

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa rayap berkembang biak pertama kali di bawah tanah rumah kita, karena itu sebisa mungkin berikan jarak antara barang-barang berbahan kayu dengan lantai.

4.      Mengenali tanda-tanda serangan rayap

Sangat penting untuk mengenali serangan rayap, dan sesegera mungkin melakukan penanganan sebelum rayap berhasil merusak perabot kayu kita. Tanda-tanda serangan rayap dapat berupa serpihan-serpihan kayu dan lubang dimana-mana, ada semacam gumpalan-gumpalan kecil seperti lumpur menempel di kayu.

Cara Membasmi Rayap

  1. Minyak tanah
    Minyak tanah juga ampuh untuk mengusir rayap. Caranya dengan menyemprotkan minyak tanah pada kayu yang dimakan rayap atau pada sarangnya.
  1. Air kapur
    Kapur yang bersifat panas ini akan sangat cepat mengusir rayap karena kulit rayap yang lembut dan tipis akan terkena panas dari kapur. Semprot atau siramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang rayap atau sarang rayap.
  1. Air cucian beras
    Siapa yang menyangka jika air cucian beras yang selama ini selalu dibuang ternyata berguna untuk membasmi hama. Caranya pun cukup dengan menyiramkan air bekas cucian beras tersebut ke sekeliling sarang rayap.
  1. Garam
    Obat anti rayap selanjutnya adalah garam dapur. Taburkan saja garam di sekitar sarang rayap, namun cara ini dirasa kurang efektif karena garam hanya berada di permukaan saja. Akan lebih efektif jika garam dicairkan dahulu menggunakan air lalu tambahkan tembakau. Setelah tercampur, diamkan selama satu malam lalu semprotkan cairan tersebut ke tempat rayap bersarang.
  1. Tembakau
    Khasiat tembakau akan lebih efektif jika direndam dengan air lalu didiamkan selama satu malam. Perendaman selama satu malam berguna untuk mengeluarkan seluruh sari tembakau. Setelah itu, semprotkan air tembakau tersebut ke sarang rayap atau kayu yang terserang rayap.

 

Semoga artikel ini bermanfaat