Rayap merupakan jenis serangga yang dianggap sebagai hama yang paling merusak.
Rayap dikenal sebagai serangga pengerat kayu dan akan memakan perabotan rumah yang berbahan dasar kayu. Adapun jenis-jenis rayap, diantaranya:

  1. Rayap pohon, yaitu jenis-jenis rayap yang menyerang pohon yang masih hidup, bersarang dalam pohon dan tak berhubungan dengan tanah.
  2. Rayap kayu lembab, menyerang kayu mati dan lembab, bersarang dalam kayu, tak berhubungan dengan tanah.
  3. Rayap kayu kering Jenis rayap ini merusak properti berupa kayu anda dengan durasi waktu yang lambat. Kecepatan merusaknya memang sangat perlahan, membutuhkan waktu tahunan untuk merusak sebatang kayu. Memiliki anggota koloni dalam jumlah kecil, hidup dalam kayu mati yang telah kering. Hama ini umum terdapat di rumah-rumah dan perabot-perabot seperti meja, kursi dsb. Tanda serangannya adalah terdapatnya butir-butir ekskremen kecil berwarna kecoklatan yang sering berjatuhan di lantai atau di sekitar kayu yang diserang. Rayap ini juga tidak berhubungan dengan tanah, karena habitatnya kering.
  4. Rayap subteran, yang umumnya hidup di dalam tanah yang mengandung banyak bahan kayu yang telah mati atau membusuk, tunggak pohon baik yang telah mati maupun masih hidup.
  5. Rayap tanah. rayap tanah memiliki kemampuan untuk menghancurkan properti atau bangunan anda dalam waktu cepat, terutama jika terdiri dari koloni yang besar, bahkan bisa hanya dalam hitungan minggu. Rayap ini memiliki kebiasaan dengan membuat saluran dalam kayu. Kehadiran rayap jenis ini bisa anda identifikasi jika ditemukan tanah berwarna kemerahan atau pasir. Rayap tanah memiliki pusat sarang di dalam tanah, dan bisa tediri dari jutaan anggota koloni.

Sekian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat