Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru Dengan Cepat

Lemari merupakan perabotan rumah tangga yang penting keberadaannya untuk digunakan sebagai penyimpanan pakaian.
Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru

Bau yang ditimbulkan oleh lemari yang baru saja dibeli seringkali membuat rasa ketidaknyamanan karena bau yang menyengat dan tajam seringkali mengganggu indra penciuman kita.

Jika tidak ingin merasakan hal tersebut berlama-lama, maka harus menggunakan cara dan perlakuan khusus untuk mengurangi bau bahkan untuk menghilangkan bau yang ditimbulkannya tersebut sekalipun. Wajib memperhatikan karakteristik dari bahan lemari yang anda beli agar tidak salah langkah pada saat penanganan sehingga bisa merusak lemari anda di rumah. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan bau lemari baru.

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam upaya menghilangkan bau yang ditimbulkan oleh lemari baru, penjelasannya sebagai berikut :

  1. Bersihkan Lemari Secara Menyeluruh

Lemari baru pun perlu dilakukan proses pembersihan untuk menghilangkan bau yang ditimbulkannya. Bersihkan pada seluruh bagiannya secara menyeluruh dengan menggunakan kemoceng dan dilanjutkan dengan melakukan proses pengelapan dengan menggunakan lap setengah basah untuk membersihkan sisa-sisa finishing, debu atau pun kotoran yang masih ada dan tertinggal. Selanjutnya lakukan pengelapan kembali dengan menggunakan lap kering agar uap air yang ditinggalkan pada saat mengelap menggunakan lap setengah basah tidak menyebabkan pertumbuhan jamur yang akan merusak lemari anda. Proses terakhir yang harus anda lakukan yakni pembersihan dengan menggunakan kemoceng kembali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

  1. Buka Lemari dan Biarakan Kosong Beberapa Hari

Membuka lemari dan mendiamkannya kosong beberapa hari akan membantu menghilangkan bau pada lemari yang baru dibeli, setelah dibersihkan. Sirkulasi udara yang terjadi pada lemari selama beberapa hari tersebut, memang akan menghilangkan bau secara menyeluruh.

  1. Menggunakan Soda Kue

Siapkan wadah seperti gelas, botol, atau mangkuk kecil. Masukkan air secukupnya dan soda kue. Lakukan proses pengadukan sampai benar-benar merata. Pastikan hasil adukan tersebut tidak penuh atau terlalu banyak agar tidak tumpah saat diaplikasikan dan alhasil dapat mengotori area lemari anda. Selanjutnya anda bisa meletakkan gelas, botol, atau pun mangkuk kecil tersebut di beberapa sudut lemari baru anda. Diamkan beberapa hari agar terjadi interaksi secara maksimal. Hal ini sangat ampuh dilakukan karena larutan dari soda kue akan menyerap bau yang ditimbulkan dari lemari baru anda.

  1. Menggunakan Bubuk Kopi

Cara ini tidak jauh berbeda dengan pengaplikasian soda kue pada cara sebelumnya. Yang pertama kali harus anda lakukan adalah menyiapkan wadah kecil untuk tempat pembuatan larutan air dan bubuk kopi. Masukkan air secukupnya dan bubuk kopi kemudian aduk sampai rata. Yang perlu diperhatikan adalah pembuatannya jangan terlalu banyak agar tidak berserakan dan tumpah di area lemari anda sehingga dapat mengotori area tersebut.

Proses selanjutnya anda dapat menempatkan larutan kopi tersebut ke berbagai sudut ruang yang terdapat di lemari baru anda. Biarkan dalam kurun waktu beberapa hari agar larutan kopi dapat berinteraksi dengan bau yang ditimbulkan oleh lemari. Larutan kopi akan menyerap semua bau yang ada dan hasil akhirnya bisa anda rasakan manfaatnya.

  1. Gantungkan Pengharum Ruangan

Cara ini juga cukup efektif dan sangat mudah untuk dilakukan karena pengharum ruangan mudah ditemukan dimana-mana dan siap pakai tanpa perlu repot. Harganya pun tidak mahal, sangat ekonomis buat kantong masyarakat. Berbagai aroma juga bisa di pilih sesuai dengan selera. Selanjutnya hanya perlu menggantungkannya ke bagian-bagian area lemari yang anda inginkan. Setelah beberapa saat aroma yang dihasilkan akan tercium dan menyebar di seluruh area lemari. Bau yang semula tidak enak akan berubah menjadi aroma yang segar dan membuat nyaman udara di sekitar lemari anda.

  1. Menggunakan Bunga Melati

Kuntum bunga melati bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat dalam membantu anda menghilangkan bau yang ditimbulkan oleh lemari baru. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup menyediakan mangkuk kecil yang berisi air, kemudian remas beberapa lembar kuntum bunga melati dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi air tersebut.

  1. Menggunakan Tembakau

Cara ini juga sangat efektif digunakan dalam upaya menghilangkan bau yang tidak sedap pada lemari baru. Awalnya harus menyiapkan gelas kecil yang sudah diisi dengan air secukupnya. Masukkan beberapa tembakau tersebut ke dalam gelas yang berisi air tadi. Aduk-aduk sampai tembakau bisa bercampur dengan air.

  1. Menggunakan Irisan Sabun Mandi

Sabun batang yang biasanya digunakan oleh masyarakat pada umumnya untuk mandi, ternyata bisa juga digunakan untuk membantu anda dalam upaya menghilangkan bau yang tidak sedap pada lemari baru anda. Sebaiknya untuk mengaplikasikan sabun mandi, lakukan pengirisan menjadi beberapa bagian agar aroma harum yang terkandung dalam sabun mandi bisa keluar. Setelah irisan dari sabun mandi telah siap, anda bisa meletakkannya pada berbagai sudut yang ada pada area lemari baru anda. Proses ini tidak membutuhkan waktu terlalu lama, anda hanya perlu menunggu setidaknya 24 jam agar diperoleh hasil yang maksimal dan bau tidak sedapnya bisa hilang secara menyeluruh.

  1. Menempatkan Lemari Pada Tempat yang Tepat dan Benar

Seringkali masyarakat pada umumnya melakukan penempatan lemari pada tempat di bagian sudut dan terlalu berdempetan dengan dinding sehingga sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Dari hal sekecil ini pun bisa menyebabkan bau yang tidak sedap pada lemari baru anda menjadi awet dan sulit untuk dihilangkan. Penempatan lemari yang baik adalah tidak meletakkan lemari baru terlalu berdempetan dengan dinding.

 

Sekian artikel Cara Menghilangkan Bau Lemari dengan Cepat, semoga bermanfaat.