Tangga merupakan sesuatu yang harus diperhatikan karena tangga merupakan salah satu elemen penting didalam desain rumah.
Tangga yang baik tidak hanya mengenai desainnya saja akan tetapi juga berdasarkan kenyamanan dan ukurannya. Tidak jarang bukan Anda menemui tangga dimana setiap anak tangganya terlalu tinggi antara satu dan lainnya sehingga membuat Anda tidak nyaman saat menaikinya. Oleh karena itulah dalam pembuatan tangga tidak hanya desain tetapi juga pengukuran, tata letak, hingga pelaksanaan pembangunan semuanya berperan penting dalam menentukan bagaimana aman dan nyamannya tangga didalam rumah Anda.
Tips Membangun Tangga Rumah Minimalis

Berikut ini adalah beberapa tips dalam pembangunan tangga di rumah Anda agar terasa nyaman.

  1. Rasio Anak Tangga
  2. Ukuran Run yang tepat
  3. Konsistensi Ukuran
  4. Ujung Anak Tangga (Overhang)
  5. Overhang merupakan ujung dari anak tangga yang fungsinya memberikan pijakan pada tumit Anda sehingga mempermudah Anda dalam menaiki maupun menuruni anak tangga. Akan tetapi pada beberapa desain tangga modern hal kecil seperti overhang ini dihilangkan.
  6. Mempertimbangkan Riser

Riser merupakan pembatas antara anak tangga satu dengan anak tangga lainnya. Biasanya berupa kayu maupun berupa lantai. Namun pada beberapa desain modern hal ini dihilangkan seperti pada contoh diatas sehingga membuat tangga seakan-akan melayang.

a. Jarak Antara Anak Tangga Tertinggi dan langit-langit

b. Model TanggaModel tangga lurus

c. Model tangga berbelok huruf L

d. Model tangga berbelok arah atau U

e. Model tangga bercabang atau Y

f. Model tangga spiral

g. Model tangga lingkar

  1. Railing Tangga Atau Pegangan atau Penyangga

Pada dasarnya sebuah tangga ideal selalu memiliki railing tangga atau pegangan atau penyangga. Desain railing saat ini juga sudah sangat berkembang jadi selain untuk memberikan fungsi sebagai penyangga juga sebagai elemen desain dalam rumah yang memberikan sisi keunikan tersendiri. berikut adalah model railing yang dapat Anda cari dipasaran.

a. Railing tangga kaca

b. Railing tangga kayu

c. Railing tangga keramik

d. Railing tangga besi

e. Railing tangga bahan khusus (campuran kaca dan plastik)

Save