Menyesuaikan dengan iklim di Indonesia, tentu hal ini agak sedikit ada kaitannya dengan desain rumah. Bisa dibilang, desain rumah tropis sudah cukup banyak dikembangkan diwilayah Indonesia, namun sudah pernahkah Anda mendengar tipe rumah tropis atau hanya sekedar mendengar istilahnya saja. Model rumah tropis sendiri banyak dikembangkan di negara-negara luar, selain mempunyai kenyamanan yang berbeda dari desain rumah lainnya, desain hunian tropis ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung ataupun tamu yang berkunjung. Mempunyai rumah yang berdesain tropis, sudah pasti juga memerlukan biaya yang tidak murah, desain ini sangat mewah dan menawan, apakah Anda tertarik?Rumah tropis sendiri bisa dibilang salah satu desain rumah idaman dan apabila ada diantara Anda yang ingin membangun desain rumah seperti ini, berikut Line Arsitek berbagi tips tentang Konsep Desain Rumah Tropis Bergaya Minimalis. Sebelumnya tentu kita tahu, jika model rumah minimalis modern merupakan rumah idaman semua keluarga, selain lahan yang tidak begitu luas, desain yang menawan menjadi alasan seseorang untuk membangun rumah minimalis. Nah Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut agar mendapatkan konsep desain yang diinginkan.

Desain Rumah Tropis Minimalis

1. Material bahan bangunan

Konsep desain rumah tropis yang pertama adalah memilih material yang tepat. Untuk jenis rumah tropis hendaknya Anda menggunakan dinding dengan bahan-bahan batu alam, atau kerang-kerang kecil yang bisa jadi penambah hiasan dinding. Bisa juga untuk menggunakan kayu atau bambu yang dijadikan sebagai bahan pembuatan tempat santai di ruang tanaman. Semuanya bertujuan untuk kenyamanan dan kebersihan lingkungan rumah Anda.

2. Ruang Atap

Untuk membangun rumah berdesain tropis diperlukan pelindung untuk rumah, seperti gangguan sinar matahari ataupun hujan dengan angin yang begitu kencang, dan hendaknya Anda memilih atap yang kemiringannya paling tidak 30 derajat. Sedangkan untuk sirapnya sendiri sekitar 22,5 derajat, dan dibutuhkan pula seng yang ukurannya 15 derajat. Sebagai tambahan yang perlu Anda ketahui, dibutuhkan pula jarak lantai hingga ke langit-langit paling tidak 2,7m agar memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Semua konsep diatas sangatlah penting untuk desain rumah tropis.

3. Dinding rumah

Tips desain rumah minimalis tropis selanjutnya adalah memperhatikan dinding rumah. Dinding juga merupakan bagian terpenting untuk sebuah rumah tropis, dan hendaknya berikanlah konsep lubang pada bagian dinding untuk ventilasi. Namun dinding juga harus terlindungi dari sinar matahari, agar suhu panas tidak sampai masuk kedalam ruangan. Kemudian Adna bisa berikan taman-taman kecil didalam rumah, selain berfungsi untuk hiasan rumah, berguna juga agar kondisi suhu dinding terjaga dengan aman oleh tanaman.

4. Warna cat rumah

Untuk rumah tropis, sebaiknya hadirkanlah pula dengan warna tropis. Warna ini bisa menggunakan warna-warna cerah sebagai hiasan dinding. Disini Anda bisa menggunakan warna biru atau orange, dan bisa juga menerapkan warna pasir. Sesuaikan pula warna lampunya, pilih warna lampu yang cerah.

5. Terapkanlah furniture yang kreatif

Salah satu furniture yang bisa Anda terapkan adalah sofa, pilihlah warna sofa yang kreatif dan cari yang berwarna-warni jenisnya. Anda juga bisa berikan hiasan seperti lampu gantung pada rumah atau hiasan dinding. Namun jangan memilih ukuran yang terlalu besar karena ini akan membawa kesan penuh pada ruangan, pilih ukuran yang sederhana saja.