Dinding rumah ini merupakan salah satu bagian utama dari sebuah rumah, yang tentu saja mempengaruhi kecantikan penampilan rumah Anda. Anda tentu pernah menyentuh dinding yang meninggalkan kapur putih di tangan. Hal inilah yang disebut dengan pengapuran atau chalking pada dinding. Hal ini merupakan salah satu kerusakan lapisan cat pada dinding.

Salah satu masalah cat yang banyak dihadapi yaitu chalking atau lapisan cat mengalami pengapuran. Masalah ini terjadi karena rusaknya binder akibat diterpa cuaca yang terus menerus, penggunaan solvent yang salah sehingga cat terlalu cepat kering. Lapisan film cat rusak karena pengaruh serangan garam-garaman alkali (umumnya terjadi pada pengecatan tembok baru) atau pengaruh sinar matahari (terjadi pada tembok luar ruangan).

Penyebab Pengapuran di Dinding

1. Penggunaan cat yang terlalu encer

Pengenceran cat yang terlalu encer sehingga film cat tidak dapat terbentuk dengan sempurna.Untuk perbaikan, jika pengapuran hanya terdapat pada tempat-tempat tertentu (karena pengaruh serangan garam alkali) amplas bagian itu saja kemudian bersihkan dan beri lapisan cat kembali. Jika pengapuran terdapat pada seluruh permukaan tembok rontokkan semua cat, bersihkan dan jika tembok belum kering benar tunggu beberapa saat sampai tembok kering dan ulangi pengecatan dari awal.

2. Kualitas cat kurang baik

Cat yang tidak baik pada umumnya memiliki konsentrasi resin atau binder yang rendah. Akan tetapi, hal ini juga bisa terjadi pada cat berkualitas baik yang diencerkan terlalu banyak.

3. Penempatan cat yang salah

Penempatan cat yang salah juga akan membuat hal yang sama terjadi. Pada umumnya cat interior yang dipalikasikan pada eksterior akan mengalami pengapuran juga.

Cara Memperbaiki Pengapuran di Dinding

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengerok seluruh lapisan cat hingga permukaan substrat atau dinding. Setelah itu, aplikasikan cat yang berkualitas baik. Saat ini, banyak cat yang sudah siap pakai tanpa perlu diencerkan lagi. Gunakanlah cat tersebut agar konsentrasi cat tidak salah. Hal terpenting lainnya, gunakanlah cat sesuai dengan peruntukannya. Jangan gunakan cat yang penempatannya tidak tepat. Pastikan pula saat melakukan pengecatan permukaan substrat kering, bersih, dan bebas dari kotoran lainnya.

Pencegahan Pengapuran di Dinding

Sebelum chalking terjadi, ada baiknya jika Anda melakukan langkah antisipasi, lapisilah selalu dinding Anda dengan cat primer atau cat dasar sebelum mengecat keseluruhan dinding dengan warna cat yang Anda inginkan.