Setelah bertahun-tahun, rumah bisa saja terlihat sumpek dan kusam. Hal ini terjadi karena beberapa bagian melapuk, memburuk kondisinya, dan kurang perawatan. Seringkali kita berpikir untuk melakukan renovasi rumah, namun keterbatasan biaya dan waktu jadi penghalang utama. Ketika mendengar kata renovasi rumah, jangan dulu berpikir bahwa biaya yang harus dikeluarkan akan menguras isi tabungan. Sebaliknya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk renovasi rumah secara low budget. Bagaimana caranya? Simak saja 8 tips renovasi rumah yang tidak akan menguras budget ini!

1. Melindungi dan Merawat Furnitur

Furnitur yang sudah lama dipakai sebaiknya jangan disingkirkan dulu, penggantian seluruh furnitur bisa jadi pemborosan. Hal sederhana dalam renovasi rumah adalah menjaga kondisi furnitur selalu bersih. Apalagi jika Anda seorang penyuka mebel berbahan kayu, maka ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan, seperti cahaya matahari, suhu, dan kelembapan.

Furnitur berlapis pelitur membutuhkan cairan kimia khusus dalam membersihkannya. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam renovasi rumah yang menyebabkan furnitur mengalami degradasi.

2. Melindungi Dinding Saat Renovasi Rumah

Renovasi rumah tidak harus mengganti atau mengubah seluruh hal di dalam ruangan. Renovasi rumah yang dimaksudkan melindungi dinding saja sudah membuat tampilannya terlihat baru. Hal pertama yang bisa dilakukan kala renovasi rumah salah satunya adalah memilih warna cat dinding yang tepat.

Jika kondisi dinding masih baik, renovasi rumah bisa dilakukan menggunakan sejenis cairan pelapis. Cairan ini berguna agar kotoran, coretan, ataupun tumpahan dapat dibersihkan dengan mudah dari dinding. Renovasi rumah tentu saja tidak hanya tentang memperbaiki, tetapi juga memperindah.

3. Memperbarui Desain Pintu

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal pertama yang kita lihat ketika memasuki rumah adalah pintu. Dengan pertimbangan ini, Anda bisa menitikberatkan renovasi rumah pada pintu masuk. Jika pintu rumah terbuat dari bahan kayu dan telah menunjukkan tanda-tanda pengeroposan, Anda dapat langsung merenovasi rumah dengan menambahkan beberapa hiasan atau ukiran untuk menutupinya.

4. Atur Kembali Pencahayaan

Sebelum melakukan renovasi rumah besar-besaran, cek dulu apakah selama ini lampu-lampu rumahmu yang jadi masalah. Kenapa bisa begitu? Pencahayaan yang kurang dan tidak tepat tentu saja dapat membuat rumahmu tak enak dipandang.

Jadi sebelum melakukan renovasi rumah pada bagian lainnya, ganti saja lampu-lampu yang telah redup dengan lampu yang baru. Bahkan Anda dapat menempatkan lampu LED di bawah furniture favorit sebagai bagian dari renovasi rumah. Selain lebih elegan, sorot lampu juga tidak menimbulkan silau.

5. Segarkan Suasana Dapur

Dapur termasuk salah satu ruangan vital di dalam rumah, jadi kalau ingin melakukan renovasi rumah, jangan lupa untuk juga memperhatikan dapur. Mengganti peralatan dapur yang telah usang merupakan salah satu langkah penting dalam renovasi rumah. Renovasi rumah dengan cara mempercantik tembok dapur juga penting dilakukan. Anda bisa menempatkan beberapa bingkai foto atau gambar di dapur untuk menggugah selera.

6. Tanaman untuk Menghidupkan Rumah

Salah satu tujuan penting dari renovasi rumah adalah membuat rumah tampak lebih hidup. Seringkali rumah tampak suram bukan karena usangnya mebel atau desain interior, tapi karena kurangnya tanaman hijau. Jika masalah rumahmu juga seperti itu, renovasi rumah yang dibutuhkan adalah penambahan tanaman, baik di sudut ruangan ataupun di atas meja.

7. Membersihkan Lantai Rumah

Lantai yang bersih membuat rumah menjadi nyaman untuk ditinggali. Namun hal ini tak mungkin diperoleh jika lantai kotor dan warnanya memudar sehingga menimbulkan kesan suram dan kusam. Renovasi rumah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan penggantian lantai. Anda juga bisa menambahkan karpet pada lantai bewarna cerah untuk memberikan kesan mewah pada ruangan.

8. Jaga Agar Proses Renovasi Rumah Tetap Bersih

Renovasi rumah sebaik apapun takkan bertahan lama jika penghuninya tak pandai menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan mungkin paling mudah dibandingkan renovasi rumah, tapi seringkali yang paling diabaikan. Pastikan tidak ada debu yang tersisa di sela-sela furnitur dan benda lainnya.