Rumah adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena rumah  merupakan kebutuhan primer. Selain memiliki fungsi  untuk berlindung dari cuaca, gangguan dari luar dan pengaruh alam sekitar, rumah juga memiliki fungsi  sebagai tempat manusia untuk melangsungkan kehidupannya. Pada artikel kali ini saya akan membahas perbedaan jenis perumahan Town House, Cluster dan Residence kepada pembaca blog  arsitek malang.

Perumahan Town House

Nama town house awalnya digunakan di Amerika dan Eropa, yakni sederetan rumah yang memiliki tipe sama dan menempel satu sama lain. Ada juga sejumlah orang yang menyebut town house dengan apartemen horizontal.

Sementara di Indonesia, town house dikenal juga dengan sebutan rumah bandar yang umumnya dibangun di pusat kota. Sebuah komplek perumahan yang bentuknya mirip baik dari luar maupun dari dalam. Di dalamnya ada fasilitas umum yang dapat digunakan warga kompleks. Bentuk garasi dan halaman depan biasanya tanpa sekat agar lebih nyaman dan tampak lapang

Perumahan jenis town house dibangun di lahan yang terbatas dan hanya terdiri dari beberapa unit saja. Misalnya perumahan yang terdiri dari 15 sampai 25 atau 50 hingga 100 unit.

Keuntungan memilih rumah jenis townhouse

  • Jumlah rumahnya terbatas dan dan terkesan lebih eksklusif dibandingkan perumahan pada umumnya
  • Dilengkapi dengan Fasilitas yang lengkap
  • Privasi dan kenyamanan penghuninya lebih terjamin.
  • Anda tidak hanya membeli bangunan tapi juga tanah tempat unit bangunan berdiri.
  • Resiko macetnya proyek lebih kecil dari apartemen karena skala proyek tidak terlalu besar.

Perumahan Cluster

Perumahan cluster merupakan kualitas perumahan yang memiki kualitas premium. Perumahan cluster biasanya sudah dilengkapi dengan bermacam fasilitas. Konsep rumah terbuka tanpa adanya pagar, sehingga memudahkan pemilik rumah untuk bersosialisali dengan tetangga.

Tipe cluster juga dilengkapi dengan fasilitas umum untuk seluruh penghuni perumahan. Seperti taman bermain, kolam renang, lapangan olahraga dan sebagainya. Perumahan jenis ini cukup luas dan umumnya terdiri dari ratusan rumah. Secara bentuk, perumahan cluster umumnya juga dibangun tanpa pembatas pagar. Lokasinya paling sering terletak di pinggiran kota yang memiliki pemandangan indah dan nuansa menyejukkan. Rumah jenis ini memiliki persamaan dengan town house, bedanya rumah cluster mempunyai pagar sedangkan town house tidak.

Keuntungan memiliki rumah jenis Cluster

  • Keamanan menjadi factor utama yang ditawarkan perumahan jenis cluster. Tidak semua orang dapat keluar masuk sesuka hati karena ada persayaratan khusus jika mau masuk ke dalam, yaitu dengan menunjukan ID Card bagi pemilik rumah, selain itu tamu khusus saja yang bisa masuk.
  • Fasilitas yang diberikan pengembang system cluster cukup lengkap sehingga penghuni dapat menikmatinya.
  • Karena tidak ada pagar yang menghalangi satu rumah dengan rumah yang lainnya, sehingga sosialisasi antar tetangga bisa terjalin dan keakraban akan terbina karena tingkat sosial dan ekonomi yang sama.

Perumahan Jenis  Residence

Sebuah konsep atau rancangan desain kelompok bangunan tersebut, jenis perumahan residence yang mengusung tipe rumah sama serta memiliki ukuran sama, tidak hanya itu perumahan residence hampir mirip dengan perumahan town house yang hanya menyediakan beberapa unit rumah saja, dari segi desain perumahan resindece rata-rata menawarkan konsep desain sederhana dan minimalis.

Keuntungan memilih rumah Residence

  • Dengan harga yang relatif murah diharapkan masyarakat menengah ke bawah dapat memiliki rumah dan terbantu karena perumahan residence sesuai dengan kemampuan financial masing-masing orang.
  • Fasilitas yang diberikan perumahan residence lumayan lengkap ada taman umum, masjid, sekolah, mini market dll.

Kesimpulan : perumahan cluster dan townhouse keduanya sama-sama memberikan keuntungan, baik jika dijadikan tempat tinggal maupun asset investasi masa depan. Sedangkan pada residence merupakan konsep perumahan yang memiliki konsep sederhana dan minimalis, bisa tidak terlalu banyak fasilitas dan tidak memiliki standart, bisa di bilang pada dasarnya perumahan residence hanya sebuah nama perumahan yang tidak memiliki tingkat standart membangun dan menata perumahan tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan Jasa Kontraktor untuk mendapat rumah seperti yang di harapkan.