Tak harus pagar besi, beton, atau kayu. Kini pagar bambu juga menjadi favorit banyak kalangan, mulai dari orang pedesaan hingga orang yang tinggal di lingkungan kota. Pagar bambu dari material alami ini memang tidak kalah menarik. Bahkan bisa menonjolkan desainnya yang lebih apik. Pagar bambu juga bisa dijadikan sarana penguji kreativitas. Pagar bambu pada awalnya memang sangat identik digunakan pada rumah-rumah di daerah  pedesaan. Namun seiring perkembangannya, pagar bambu menjadi tren baru yang kini mulai memiliki kreasi yang lebih unik, bahkan para arsitektur perumahan juga mulai mencoba menggunakan di berbagai jenis dan tipe rumah untuk segala lapisan masyarakat.

Jika dibandingkan jenis kayu lainnya, bambu adalah bahan yang lebih murah, mudah didapat, serta ramah lingkungan. Motifnya pun menarik. Sayangnya, terkadang bambu cukup sulit dibuat lurus karena bentuknya yang melengkung seiring pertumbuhannya.

Nah, buat Anda yang sedang mencari inspirasi desain pagar bambu bisa langsung cek ulasan berikut ini!

Pagar bambu dengan pot tanaman

Penggunaan pagar bambu di balkon semakin populer karena memberikan privasi instan dengan harga terjangkau. Selain itu, desain pagar bambu mudah dipasang dengan ikatan kawat. Pada bagian atas bisa mengkombinasikannya dengan vas bunga kecil untuk mempercantik tampilan rumah. Pagar bambu ini akan mempercantik taman Zen ataupun taman tropis.

Pagar bambu kombinasi beton

Untuk memberi tampilan pagar bambu yang lebih dekoratif, Anda bisa mengkombinasikannya dengan beton. Menggabungkan pagar bambu dengan bahan lain sering menghasilkan tampilan yang sangat unik dan modern atau Anda juga bisa menyerahkannya pada jasa kontraktor yang ahli dibidangnya. Bambu sendiri merupakan tanaman yang bisa tumbuh tinggi. Menyusunnya berjajar secara vertikal akan menjadi pemanis eksterior yang cantik dan relatif mudah dilakukan.

Pagar bambu hitam

Alih-alih menggunakan pagar dari kayu dan mengecatnya, Anda bisa memasang pagar bambu hitam di area rumah. Warna hitam alami dari pagar bambu akan semakin mempercantik eksterior rumah. Anda bisa memilih bambu hitam yang berukuran tidak terlalu besar agar lebih mudah membentuknya pada bagian sudut. Tak hanya mudah diaplikasikan, pagar bambu hitam ini juga bisa memberi tampilan kesan mewah pada rumah.

Pagar bambu pendek

Dalam beberapa rumah, Anda tidak harus memasang pagar bambu dengan desain tinggi. Jika Anda tinggal di sebelah sungai atau hutan misalnya, pagar bambu dengan desain pendek lebih cocok diaplikasikan, hal ini agar Anda bisa tetap menikmati pemandangan indah yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal. Untuk pagar bambu desain ini, Anda bisa memilih bambu kuning yang berukuran besar.

Pagar bambu kombinasi warna

Pagar bambu hitam memang bisa memberi kesan mewah dan elegan pada rumah. Sayangnya, tidak semua orang menyukai warna hitam. Sebagai solusi, kamu bisa mengkombinasikan bambu biasa dengan bambu hitam. Perbedaan warna pada pagar bambu ini akan memberi tampilan yang menarik dan menonjolkan kesan artistik.

Anda bisa mengaplikasikan pagar bambu desain ini pada taman, balkon, atau juga taman depan rumah. Desain taman dengan pagar bambu bisa menyegarkan pikiranmu. Hindari memasang pagar bambu langsung di atas tanah. Hal ini untuk mencegah bambu menyerap kelembaban tanah yang dapat membuatnya cepat membusuk.

Pagar bambu kombinasi taman

Bambu adalah bahan alami yang indah untuk dimanfaatkan sebagai pagar. Tekstur bambu yang lebih lentur juga memungkinkan Anda mengeksplorasinya menjadi aneka rupa desain pagar bambu. Guna memberi tampilan unik dan tak biasa, Anda bisa memasang pagar bambu dengan desain sekreatif mungkin. Anda bisa membuat pagar bambu dari bambu beraneka ragam ukuran dan bentuk, dan mengkombinasikannya menjadi satu kesatuan.

Pagar bambu kombinasi bata

Agar rumah terlihat lebih kaya akan motif dan struktur, material bambu sebagai pagar bisa juga dikombinasikan dengan material lainnya, misalnya pagar dinding bata. Perpaduan antara gaya pagar bata yang kaku dengan pagar bambu yang natural dan kalem, menjadikan nuansa eksterior rumah menjadi lebih unik. Anda bisa memilih bambu dengan kasen warna gelap sebagai pagar bambu.

Selain bisa memberi tampilan artistik pada rumah, pagar bambu juga memiliki banyak kelebihan. Ramah lingkungan, mudah dibudayakan dan diperbaharui menjadi salah satunya. Pengerjaannya pun termasuk mudah. Tentu saja, pagar bambu lebih murah dibanding pagar kayu atau besi.