Dalam proses menciptakan sebuah rumah yang bagus, diperlukan seorang arsitek yang handal. Kehadiran taman pada sebuah hunian bisa menjadi elemen yang menyegarkan, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Dengan desain taman yang tepat, Anda tidak hanya mendapatkan visual yang indah dan menyegarkan tapi juga bisa menciptakan ruang untuk berbagai aktivitas sesuai kebutuhan. Apalagi, kini taman juga bisa dihadirkan di dalam ruangan, tidak hanya pada halaman depan ataupun belakang saja. Untuk memudahkan dalam menentukan desain taman yang pas, simak inspirasi desain-desain taman yang bisa Anda implementasikan pada hunian berikut!

Desain Arsitek Taman Batu

Desain taman batu merupakan jenis taman yang bersifat kering dan relatif mudah dalam hal perawatan. Karena kering, desain taman satu ini kerap jadi pilihan paling pas untuk dijadikan taman dalam ruangan.  Dalam menata taman batu, komposisi, ukuran, jenis, dan warna baru menjadi sangat penting karena batu menjadi elemen yang dominan. Tanaman dihadirkan sebagai oasis ditengah-tengah komposisi batu yang telah ditata. Tanaman yang dipilih pun biasanya bukanlah tanaman-tanaman yang rimbun. Kaktus, Kamboja, Bambu Jepang, dan tanaman sejenisnya biasa menjadi pilihan tepat untuk melengkapi desain taman batu.

Desain Arsitek Taman Daur Ulang

Seiring populernya isu mengenai lingkungan, tidak hanya peranan taman menjadi penting untuk menciptakan hunian yang lebih eco-friendly, kini orang-orang juga mulai tertarik menggunakan konsep desain taman daur ulang. Berbagai hal bisa dikreasikan untuk mewujudkan desain taman daur ulang, mulai dari ban mobil sebagai pot, pipa paralon sebagai media tanam vertikal, hingga panel papan kayu sebagai media tanaman rambat. Anda juga bisa mengkombinasikan desain taman daur ulang dengan berbagai furnitur industrial yang sangat cocok dengan konsep taman seperti ini. Selain murah, desain taman daur ulang juga sangat mungkin untuk diaplikasikan sendiri. Namun, tentu Anda harus memiliki kemampuan dan usaha lebih agar hasil taman daur ulang jadi lebih maksimal.

Desain Arsitek Taman Vertikal

Desain taman satu ini menjadi populer seiring permasalahan semakin terbatasnya lahan yang ada di hunian urban kini. Dirancang tumbuh ke atas (vertikal), desain taman vertikal biasanya menggunakan teralis atau sistem pendukung (media tanam) lainnya yang dibuat khusus untuk memungkinkan dinding menjadi media tanam.Cara paling sederhana untuk menghadirkan taman vertikal adalah menggunakan tanaman rambat dengan media vertikal berupa teralis. Namun dengan perkembangan teknologi kini, Anda bisa menanam bunga, bahkan sayuran dan berbagai tanaman yang umumnya ditanam secara horizontal pada dinding vertikal.

Desain Taman Air

Desain taman air merupakan salah satu bentuk sistem taman yang sudah sangat tua dan kuno. Biasanya juga dilengkapi dengan air mancur sebagai pusat tidak dilengkapi vegetasi atau hanya beberapa lili air. Untuk hunianmu, Anda bisa menciptakan taman air sesederhana dengan membuat kolam lili air atau untuk hunian dengan lahan terbatas, bisa menggunakan pot beton sebagai media tanam. Isi dengan air dan Anda bisa mengisinya dengan berbagai tanaman air. Desain taman air seperti ini juga akan memberikan efek menyejukkan dan menenangkan pada hunian. Apalagi untuk Anda yang merasa udara di hunian relatif kering, kehadiran taman air bisa meningkatkan kelembaban udara di rumah sehingga lebih nyaman untuk dihuni.

Desain Taman Atap

Perkembangan teknologi arsitektur dan juga permasalahan keterbatasan ruang membuat banyak desain taman yang berusaha menggali segala potensi ruang yang selama itu tidak terpakai. Desain taman atap paling mungkin diaplikasikan pada hunian-hunian beratap datar dengan menggunakan media khusus yang memungkinkan rumput dan juga vegetasi lainnya mampu tumbuh diatas atap. Untuk Anda yang ingin mengaplikasikan desain taman atap yang lebih ekonomis, Anda bisa menggunakan media tanam pot dibandingkan green roof.

Taman Apotik dan Warung Hidup

Pada awalnya memang kebanyakan taman dimanfaatkan sebagai media menanam tanaman obat dan juga makanan yang bisa dikonsumsi. Selain memberi manfaat lebih yaitu bisa digunakan dan dikonsumsi, desain taman sebagai kebun apotik dan warung hidup ini juga bisa ditata dekoratif dengan pagar kecil hingga menambahkan gnome dan orang-orangan pengusir hama.