Dalam proses mendirikan rumah diperlukan seorang yang handal, salah satunya arsitek maupun kontraktor.Memiliki sebuah rumah yang indah dan nyaman tentulah impian semua orang. Dalam proses mendirikan rumah banyak tahapan yang harus dikerjakan dengan sebaik mungkin serta banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang.  Selain keindahan dan kenyaman, terdapat pula aspek keamanan yang tidak boleh luput dari perhatian saat membangun sebuah rumah.

Dari segi arsitektur pagar ialah obyek pertama yang terlihat dari sebuah rumah, pagar juga memiliki fungsi utama untuk memberikan keamanan bagi pemilik rumah serta juga sebagai pembatas lahan. Terdapat banyak jenis material yang digunakan untuk pagar rumah, seperti besi, beton atau kayu. Untuk rumah bergaya minimalis yang saat ini sedang trend, pagar kayu ialah pilihan yang terbaik, karena mapu memberikan kesan sederhana dan natural.
Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membangun pagar dari kayu, yaitu sebagai berikut:

Pemilihan Jenis Kayu

Pemilihan jenis kayu sangatlah penting, karena pagar letaknya diluar ruangan yang selalu terpapar sinar matahari, dan juga terkena air hujan, maka dari itu pilihlah kayu yang kuat dan kokoh yang tidak cepat lapuk karenanya. Untuk masalah ini, tanyakan pada Jasa Kontraktor yang ahli dibidangnya.

Pastikan Anti Rayap

Salah satu masalah utama pada material kayu ialah rayap, hewan kecil berkoloni yang mamakan kayu secara perlahan, penting untuk dipastikan kayu yang digunakan tidak hanya awet namun juga anti rayap.
Terdapat beberapa gaya desain pagar kayu yang indah dan unik, berikut pembahasannya.

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Terdapat beragam desain untuk pagar kayu yang cocok untuk rumah dengan konsep minimalis, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut :

Desain 1: Basket Weave

Pagar jenis ini terlihat sangat unik, dan mampu menambah kesan estetika untuk pagar rumah. Berdasarkan namanya dapat disimpulkan bahwa desain pagar minimalis yang ini menyerupai bentuk anyaman rotan yang rapat dan bertumpuk. Dengan desain yang rapat dan bertumpuk ini akan mencegah tampilan rumah terlihat dengan jelas ke luar, sisi keamanan yang baik yang ditonjolkan dari gaya desain pagar yang satu ini.

Desain 2: Dog Eared

Desain pagar minimalis yang satu ini tidak kalah aman, terlihat dimana penggunaan kayu dengan ukuran sama panjang disusun dengan sangat rapat. Hal ini tentu akan mencegah orang asing untuk mengintip ke area pribadi anda.

Desain 3: Spaced-Picket

Gaya desain pagar ini memang umunya tidak terlalu tinggi, hanya sepinggang orang dewasa sehingga dinilai tingkat keamanannya cukup rendah. Serta penempatan batang kayunya juga dibuat tidak rapat, ada jarak dari setiap kayu yang dipasang sehingga menciptakan celah dimana orang diluar dapat melihat melewati meski tidak begitu jelas. Jika Anda menyukai desain pagar ini, Anda dapat mengkombinasikannya dengan beton sehingga pagar dapat lebih tinggi namun tetap terkesan pagar minimalis, serta ikut meningkatkan keamanan yang lebih baik lagi untuk hunian.

Desain 4: Stockade

Desain pagar yang satu ini memiliki kemiripan dengan desain spaced picket, perbedaanya penempatan kayu rapat tidak memiliki celah. Ini sangat cocok bagi Anda yang sangat mengutamakan privasi, untuk sisi keamanan desain pagar ini pun terlihat sangat aman.

Desain 5: Solid Board Wood Fence

Desain pagar minimalis yang satu ini dibuat dengan papan solid yang tersusun dengan sangat rapat. Untuk Anda yang menginginkan keamanan maksimal untuk rumah maka desain ini akan sangat cocok.
Terlebih untuk yang tinggal di daerah yang rawan akan tindak kriminalitas, maka desain pagar dan rapat seperti ini merupakan pilihan yang terbaik.

Desain 6: Privacy Arched

Ini merupakan desain lain yang cocok untuk Anda yang mengedepankan keindahan serta keamanan hunian, desain pagar minimalis yang satu ini cukup indah dan aman karena kayu yang digunakan disusun dengan rapat sehingga tidak membuat aktivitas sekitar pekarangan rumah terlihat keluar.

Desain 8: Privacy with Lattice

Desain pagar minimalis yang ini memiliki kemiripan dengan desain sebelumnya, kayu yang digunakan tersusun dengan rapat dan rapi. Namun ditambah keindahannya dengan bagian atas pagar yang dibentuk susunan kayu membentuk pola geometris yang terlihat etnik. Pagar merupakan obyek terletak pada bagian depan rumah, sehingga desainya harus diperhatikan dengan baik. Desain yang dipilih sebaiknya jangan yang hanya menonjolkan kesan estetika namun juga mampu memberikan perlindungan untuk kamu dan seluruh anggota keluarga lainnya.

Untuk Anda yang berkendala untuk membuat pagar kayu seperti desain di atas, bisa menyerahkannya pada kontraktor yang ahli dibidangnya. Selain tidak membuang waktu, hasil bisa dipastikan mirip dengan desainnya.