Dalam membangun sebuah rumah, masing-masing memang memiliki kriteria tersendiri. Hal ini juga termasuk dengan Anda yang memiliki dasar pedoman Feng Shui.

Nah buat sebagian orang yang percaya dengan pedoman Feng Shui biasanya akan menggunakannya sebagai acuan untuk merancang sebuah rumah termasuk juga dalam hal pemilihan warna cat rumah. Dalam sebuah bangunan, warna cat rumah bukan hanya sebagai pendukung estetika dari suatu interior, namun juga memberi efek psikologis bagi penghuninya.  Warna bisa memberi energi-energi kuat yang bisa mengalir serta menciptakan getaran dari energi positif maupun negatif.

Berikut tips mengenai warna cat rumah yang tepat menurut Feng Shui !

Suasana yang menyenangkan dengan warna kuning

Warna kuning dalam Feng Shui diasosiasikan dengan matahari, keceriaan dan juga kebahagiaan. Menggunakan warna mkuning bisa membuat rumah cerah. Warna kuning juga bisa menciptakan suasana yang cozy, dan bisa menyambut energi positif.

Menciptakan suasana romantis dengan warna merah

Warna merah adalah warna terkuat dalam Feng Shui. Warna merah dapat menjadi sebuah aksen yang paling menarik sehingga dapat membuat kesan memperbesar sebuah objek dengan memberikan setitik sentuhan. Namun bagi orang yang sering aktif atau suka cemas, warna cat rumah merah untuk tempat tidur tidak disarankan.

Warna cat rumah hijau untuk suasana yang segar dan vibrant

Hijau merupakan warna  Feng Shui dari energi yang fresh dan kesuburan. Hijau bisa menyimbolkan sesuatu yang harmonis dan bisa menyeimbangkan tubuh dengan membawa rasa yang menyenangkan dari alam. Warna cat rumah hijau sebaiknya tidak digunakan di ruangan keluarga, ruang belajar atau ruangan bermain.

Suasana yang optimis dan terbuka, gunakan warna orange

Apabila warna cat rumah merah dirasa terlalu intens untuk warna cat rumah atau kantor, maka warna cat rumah yang paling tepat adalah warna orange dari elemen api. Warna oranye sering diasosiasikan sebagai warna yang bisa menciptakan energi Feng Shui yang membuat rumah lebih ‘hidup’ dan seolah bisa membuat sebuah percakapan di rumah. Warna cat rumah oranye akan mengingatkan untuk berlibur dan memberikan kehangatan tersendiri di rumah. Sebaiknya hindari pemakaian warna ini untuk ruangan yang sempit.

Suasana rumah seperti baru dan innocent dengan warna putih

Dalam konsep Feng Shui, warna putih menandakan adanya suatu kesucian, innocence, dan juga suatu hal yang polos. Warna dari elemen metal ini juga disebut sebagai warna yang bisa melebur dengan mudah dengan warna yang lain. Penerapannya sebagai warna cat rumah akan mampu menciptakan kesan bersih, santai dan juga sejuk.

Warna biru sebagai simbol kedamaian

Warna biru bisa dibilang sebagai warna yang luar biasa, banyak sekali warna yang bisa dipilih dari elemen air ini untuk dijadikan sebagai warna cat rumah. Warna cat rumah biru memang sangat digemari, namun apabila kamu sering merasa stress, ada baiknya jika kamu menghindari warna ini. Menurut Feng Shui, ada beberapa aturan yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan warna biru sebagai warna cat rumah. Untuk kesehatan gunakan warna biru di sebelah timur, sudut tenggara untuk rezeki, dan utara untuk karier.

Pemilihan warna cokelat untuk kekuatan dan stabilitas

Warna cokelat menyimbolkan energi yang baru dan diasosiasikan dengan hal yang baik. Warna coklat sangat disarankan untuk ruangan yang membutuhkan kosentrasi lebih seperti ruang belajar atau ruang kerja.

Bukan hanya warna cat rumah saja, tetapi hal ini juga bisa diterapkan pada detail dekorasi, furniture, perabotan hingga hiasan yang sesuai dengan warna pemilihan Feng Shui di atas. Karena pada dasarnya penggunaan Feng Shui dalam pemilihan warna cat rumah bukan hanya bisa mendukung estetika rumahmu, tapi juga bisa memberikan efek psikologis bagi penghuni rumah.