Kesan maskulin dapat Anda munculkan pada interior rumah dengan menghadirkan corak yang lebih tegas serta menggunakan warna yang kuat, dan gelap. Untuk furnitur, Anda bisa gunakan bahan furnitur dari bahan stainless steel, kayu ataupun kulit juga turut menegaskan nuansa maskulin.

Tidak hanya lewat warna, corak, dan bahan, sentuhan elemen maskulin pun dapat dihadirkan lewat kehadiran koleksi perabot Anda, seperti poster film atau foto. Cobalah untuk memasang poster berukuran besar bertema vintage movie atau city view photo pada dinding. Hal tersebut dapat menjadi focal point pada ruangan bertema maskulin

1. Kulit, Kayu dan Metal

interer-v-industrialnom-stile

Tidak perlu terlalu dijelaskan karena ketiga bahan ini jika digunakan sebagai perabotan di rumah, tentunya mampu menampilkan kesan maskulin yang sangat terasa. Kayu dan kulit, memberikan suasana hangat sedangkan bahan metal yang mengkilap dan licin memberikan kontras yang seimbang.

2. Kombinasi Warna

black-white-striped-carpet-wall-color-paint-living-room-decor-on-a-budget-square-framed-painting-over-white-walls-brown-rectangle-nice-motive-carpets-splendid-dark-brown-armchair

Pemilihan warna untuk ruangan anda. Inti dalam pemilihan warna adalah, hindari warna palet. Anda bisa menggunakan warna-warna cerah, atau jika anda masih memikirkan ide yang tepat, berikut dua opsi warna palet untuk rumah anda :

Abu-abu + warna utama : Warna palet biasanya digunakan oleh seniman untuk menciptakan seni yang minimalis. Pencampuran dengan warna utama, bisa memberikan kesan maskulin dan modern di rumah anda. Warna hitam, putih dan abu-abu harus mendominasi dan pastikan semua warna cukup untuk ruangan anda. Karya seni, pencahayaan ataupun bantal merupakan tempat yang tepat untuk menggabungkan warna.

Warna alam/bumi + warna perhiasan : Menginginkan kesan ruangan yang hangat dan mengundang, warna kebumian merupakan pilihan yang tepat. Tambahkan beberapa perabotan dengan material kayu, kulit ataupun terra cotta dan padukan dengan warna-warna pehiasan seperti zamrud, burgundi, teal dan mustard. Warna ini bisa diaplikasikan ke karpet, benda tekstil, ubin dan karya seni.

3. Mix and Match

cover

Menciptakan desain rumah yang maskulin, anda tidak perlu khawatir untuk menyandingkan berbagai perabotan yang berasal dari masa yang berbeda ataupun gaya yang berbeda. Menyandingkan sofa yang terkesan antik dengan sofa yang memilki gaya yang lebih modern, bukanlah hal yang aneh jika anda bisa memilih warna ataupun bentuk yang tepat. Banyaknya benda yang dicampur-campurkan ini, terkesan maskulin karena terkesan tidak harus repot memikirkan detil perancangan agar terlihat selaras.

Pasangkanlah barang-barang yang berguna saja, serta beberapa dekorasi yang tidak berlebihan agar tetap terlihat seperti desain rumah, bukan sebuah ruang pameran.

4. Benda Klasik

kesalahan penataan benda pada interior rumah

Benda-benda kuno ataupun klasik, merupakan benda yang bisa menonjolkan sebuah kesan di sebuah ruangan. Begitupun bila anda ingin memberikan sentuhan maskulin. Untuk mengantisipasi rumah anda terlihat seperti museum karena banyak barang-barang kuno ini, tambahkan benda-benda seperti kursi dengan gaya vintage yang nyaman agar tetap terlihat seperti desain rumah.

5. Motif geometri

HT1H5twFUxaXXagOFbXw

Ruangan yang bergaya maskulin, biasanya kaya akan garis-garis yang keras dan sudut yang tajam. Garis-garis ini biasa digunakan di abad pertengahan untuk tempat duduk dan pencahayaan. Teori yang sama, bisa anda gunakan untuk membuat karya seni ataupun benda tekstil di rumah anda. Motif geometri ataupun motif yang memiliki gaya tribal/adat, bisa anda gunakan untuk memilih benda di ruangan seperti karpet ataupun karya seni minimalis.