Desain hunian dengan nuansa klasik saat ini menjadi nomor dua paling diminati oleh masyarakat Indonesia setelah rumah tipe minimalis. Bila mengingat desain interior dulu, ada satu desain yang sangat terkenal, desain rumah ini yang selalu dipakai di rumah-rumah benua eropa. Gaya Victorian sangat booming pada era tahun 1837 dan 1901, nama Victorian diambil dari nama Ratu Victoria, yang memang pada masa itu memimpin pemerintahan. Inspirasi gaya Victorian ini terinspirasi oleh alam dan geometri, dan kesan mewah pun bisa dilihat dari desain tersebut. Ciri khas dari desain ini adalah yaitu terlihat dari dekorasi yang penuh motif dan warna.

Model hunian klasik ini sebenarnya merupakan tempat tinggal atau rumah dengan konsep desain yang mengadaptasi arsitektur Eropa. Namun bukan berarti “klasik” merupakan sebuah hunian yang kuno. Sekarang ini cukup banyak pilihan kombinasi konsep klasik dan modern yang mampu menghadirkan nuansa hunian yang unik, cantik dan mewah. Salah satunya adalah desain rumah klasik modern ala Victorian. Lihat saja contohnya pada renovasi rumah huni berikut ini!

Pola

Desain-Interior-Rumah-Gaya-Victorian

Tidak hanya warna yang menjadi ciri khas gaya ini. Pola juga merupakan ciri khas dari Victorian style , Hampir setiap permukaan di rumah yang bergaya Victoria ditutupi dalam pola, seperti dalam dekorasi kompleks tertentu dengan pola flora dan fauna membuktikan tema populer untuk stensil, wallpaper, kain dan karpet. Pola geometris dan garis-garis juga memainkan peran besar dalam menciptakan gaya Victoria otentik. Begitu pula dengan furniture, ornamen dan cetakan dinding, semua penuh dengan pola-pola.

Gaya Victorian ini memang bisa dinilai sangat berkelas dan berseni tinggi, bila anda menerapkannya dalam rumah, maka gaya Victorian ini akan menambah nilai ruangan tersebut. Namun, hal tersebut tentunya sesuai dengan selera masing-masing, terserah anda, mau menerapkannya atau tidak.

Struktur Bangunan

black-wood-finish-varnished-rectangle-dining-table-black-shade-metal-floor-lamp-brown-fabric-swing-chair-victorian-interior-design-murals-in-apartments-775x514

Rumah klasik bergaya Victoria, umumnya berdiri di area yang luas, menampilkan bangunan yang besar dan megah, di mana di dalamnya terdapat banyak ruangan. Persis seperti rumah ini, yang menyediakan banyak kamar tidur, beberapa area lounge, ruang makan formal dan informal, dapur yang luas dan terbuka, serta halaman belakang yang menakjubkan.  Dan salah satu ciri khas dari rumah bergaya Victoria adalah, memiliki atap rumah yang curam, dengan bagian puncaknya seperti terpancung, lengkap dengan cupola, atau bagian bangunan yang menyembul ke atas di antara atap, menyerupai menara.

Dapur Mewah

Desain-interior-dapur-perancis

Belok ke kiri dari area ruang makan informal, kita akan berada di sebuah dapur yang mewah. Bagaikan surga bagi para ahli pencicip makanan alias gourmet, dapur ini menyajikan sebuah island yang besar, yang akan membuat pekerjaan di dapur terasa menyenangkan, dan ini yang juga penting pada dapur: menyajikan banyak tempat penyimpanan barang. Dan kehadiran jendela yang besar, memungkinkan area ini mendapatkan banyak cahaya alami dari luar, dan menyuguhkan pemandangan terbuka yang menyenangkan.

Penggunaan Warna

Victorian-Style

Dalam gaya victorian, peran warna sangat penting,karena warna digunakan untuk menunjukkan pentingnya sebuah ruangan, biasanya warna dengan nuansa lebih gelap hadir di perpustakaan atau ruang tamu. Dengan berjalannya waktu gaya Victoria berubah, warna-warna gelap menjadi lebih umum di seluruh rumah. Warna yang paling digunakan dalam desain Victoria adalah warna tersier, yang dibuat dengan mencampur jumlah yang sama dari warna primer dan sekunder. Jadi, jika anda ingin mengaplikasikan desain Victorian style di rumah, pilihlah warna-warna hangat dan lembut seperti mahogany brown, merah anggur, plum, mustard kuning, emas, sage, zaitun hijau dan lavender.

Kamar- Tidur

desain_kamar_tidur_rumah_klasik_013

Berikut adalah beberapa kamar tidur yang tersedia di rumah yang cantik ini. Ada yang bergaya klasik dengan ornamen-ornamen besi tempatnya, ada yang bergaya cottage dengan nuansa putihnya yang bersih dan menenangkan, serta sebuah kamar tidur yang pasti menarik perhatian, dengan kepala tempat tidur yang senada dengan warna merah anggur karpet – salah satu warna yang menjadi signature khas gaya Victoria – dan bentuk pintu masuk yang melengkung. Ketiganya tampil impresif dengan gayanya masing-masing.